Cara Kreatif Memanfaatkan Barang Tak Terpakai Di Sekitar Kita

Pernahkah terpikirkan oleh anda untuk memanfaatkan kembali barang bekas yang sudah tidak terpakai??mungkin dengan alasan untuk berhemat dan membatasi pengeluaran, ataupun ingin melakukan
perubahan dan ikut dalam gerakan peduli lingkungan. Banyak orang yang mengaku peduli terhadap lingkungan tetapi tidak tahu atau tidak yakin bagaimana caranya untuk membuat perbedaan.

Hasil gambar untuk menemukan ide

Ingin mengurangi sampah yang beredar, ingin berpartisipasi dalam penghijauan global dan menyelematkan bumi tercinta kita ini.
Jangan kuatir! Ada beberapa cara mudah, cepat dan kreatif yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk dapat mewujudkannya.
Yaitu dengan menggunakan kembali barang-barang bekas disekitar kita dan “menyulapnya” menjadi barang baru dengan manfaat yang berbeda.


Berikut ini adalah tips serta langkah mudah yang dapat kita lakukan di kantor ataupun dirumah dalam rangka pemanfaatan kembali barang bekas:

1. Kertas tidak terpakai menjadi buku saku / notes

Hasil gambar untuk gambar notes dari buku bekas

Di kantor ataupun dirumah, pastikan kita hanya mencetak (print) dokumen yang penting saja.

Biasakanlah untuk selalu menggunakan kertas-kertas pada kedua sisinya (wajib menggunakan kertas pada sisi depan-dan belakang), untuk fotocopy, cetak, fax dan sebagainya.

Salah satu cara untuk memanfaatkan kertas-kertas yang sisi lainnya masih kosong adalah dengan membuat kertas tersebut menjadi buku catatan/notes, atau buku saku kecil.

Caranya, potonglah kertas-kertas bekas terpakai tadi sedemikian rupa, gabungkan potongan-potongan tersebut dengan posisi bagian kertas yang masih kosong pada bagaian atas, dan bagian yang sudah terpakai pada bagian bawah, dan jadilah sebuah buku catatan. Mudah dan bermanfaat bukan! Kita juga bisa berkreasi dengan membuat sampul/cover cantik yang sesuai selera agar lebih menarik.

2. Kartu-kartu bekas menjadi plektrum (pick) gitar

Hasil gambar untuk pick gitar dari kartu

Coba periksa dompet anda. Apakah anda punya beberapa beberapa kartu debit/kredit, kartu belanja, kartu sim (sim-card) yang sudah tidak terpakai? Jangan buru-buru dibuang.

Kartu-kartu bekas tersebut dapat anda ubah menjadi pick gitar kesayangan anda.  Potong kecil-kecil kartu tersebut dengan bentuk segitiga lalu ratakan ujunnya agar tidak terlalu runcing. Warna dan motif yang terdapat pada kartu-kartu tidak terpakai itu akan menambah variasi dan membuat menarik penampilan pick gitar yang anda ciptakan. Jika anda bukan pengguna alat musik gitar anda dapat memberikan pick gitar tersebut pada teman / kerabat anda sebagai hadiah atau sebagai pemberian cuma-cuma untuk tambahan koleksi pribadi mereka.

3. Amplop besar karton (Hard Envelope) menjadi Pembatas dokumen (Divider)



Di kantor atau dirumah anda sering terima pengiriman dokumen atau surat dari jasa kurir, dan limbahnya sudah menumpuk? Jangan bingung! Manfaatkan amplop tersebut menjadi pembatas dokumen di kantor atau dirumah anda.

Potong amplop tersebut dengan gunting atau cutter seukuran divider yang anda butuhkan, pastikan sisi bagian dalam amplop pada posisi atas, lalu lubangi sebelah kiri potongan amplop tersebut dengan pembolong kertas (hole-punch) dan seketika itu juga amplop sudah berubah bentuk dan manfaatnya menjadi pembatas dokumen.

4. Kartu Nama menjadi Kartu Huruf

Hasil gambar untuk Kartu Nama menjadi Kartu Huruf

Anda punya beberapa box kartu nama yang sudah tidak digunakan, masih bagus bentuknya dan sayang untuk membuangnya? Jika ya, manfaatkan kartu nama tersebut menjadi kartu huruf untuk anak ataupun keponakan anda yang masih balita. Sisi bagian belakang kartu nama biasanya masih kosong atau masih banyak space kosongnya. Jika bagian belakangnya ada sedikit tulisan anda bisa gunting kalau tidak suka. Ambil spidol besar dan tulis huruf A sampai Z satu-persatu dibagian kartu belakang kartu nama yang  masih kosong tadi. Segera kartu nama berubah menjadi menjadi kartu huruf yang dapat kita gunakan sebagai bahan pelajaran anak-anak/balita. Selain bahannya aman, penggunaanya pun sangat mudah.

5. Amplop coklat besar menjadi paper bag atau kertas kado

Hasil gambar untuk paper bag unik

Amplop coklat besar untuk dokumen yang sudah tidak terpakai dapat kita kreasikan menjadi tas kertas/paper bag ataupun juga kertas kado. Bukalah amplop dengan gunting atau cutter, jadikan bagian dalam amplop yang masih bersih dan tidak ada tulisan sebagai bagian luarnya.
Kreasikan dan buatlah paper bag dari amplop tersebut, atau gunakan sebagai kertas kado untuk membungkus hadiah yang akan kita berikan pada teman atau kerabat. Ingin lebih menarik dan kreatif lagi? Cobalah untuk menambahkan pita cantik sebagai hiasannya.

No comments

Powered by Blogger.