Apakah Cryptocurrency ? Pemahaman singkat tentang cryptocurrency

Pengertian Cryptocurrency

Istilah cryptocurrency sekarang ini mungkin sering kita dengar, tapi apakah sebenarnya pngertian dari cryptocurrency tersebut ? Cryptocurrency adalah mata uang digital desentralisasi dan di kelola oleh jaringan teknologi peer-to-peer. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cryptocurrency alangkah baiknya kita pahami dulu maksud pengertian tersebut.

Apakah mata uang digital itu ? Mata uang digital adalah adalah mata uang virtual yang tidak memiliki bentuk fisik, di mana transaksinya dapat dilakukan dalam jaringan (online). Tidak seperti halnya mata uang kertas yang dicetak, cryptocurrency didesain dengan memecahkan soal-soal matematika berdasarkan kriptografi. Kuuntungan transaksi dengan menggunakan mata uang digital ini dianggap cenderung lebih aman.


Ilustrasi mata uang digital, sumber gambar : Google


Apakah desentralisasi itu ? Kita mulai dengan memahami arti sistem keuangan sentralisasi, secara istilah sistem keuangan sentralisasi adalah sistem keuangan yang memiliki otoritas sentral, seperti pemerintah yang bertanggung dalam segala aspek ekonomi termasuk mencetak uang. Jadi bisa dikatakan bahwa desentralisasi itu sendiri adalah suatu sistem yang dimana keseluruhan pengambilan keputusan diserahkan kepada para pengguna sistem tersebut dan tidak adanya salah satu individu yang dapat memaksakan kehendaknya kepada individu lain tanpa persetujuan mayoritas pengguna sistem.

Apa itu jaringan teknologi peer-to-peer ? Jaringan peer-to-peer (P2P) merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi. Pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (P2P) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

Sumber gambar : Google

No comments

Powered by Blogger.